Bahaya Kelebihan Tidur Dapat Merusak Tubuh

Bahaya Kelebihan Tidur Dapat Merusak Tubuh

Bahaya Kelebihan Tidur Dapat Merusak Tubuh

Tidur merupakan aktifitas istirahatnya tubuh dalam beraktifitas sehari hari,, dan tidur yang cukup, dapat memberikan efek positif untuk tubuh dan membuatubuh menjadi sehat dan bugar.  

Pengecualian, tidak berarti jika ingin sehat kita harus tidur, dan akibatnya kita kelebihan waktu tidur dan malah akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Diantaranya ;


Sakit kepala

Para peneliti menemukan kelebihan tidur memengaruhi neotransmitter tertentu pada otak, termasuk serotonin. Orang-orang yang tidur terlalu lama pada siang hari, jam tidur pada malam harinya kacau, biasanya juga akan merasa pusing saat bangun pagi. Maka kurangilah tidur yang berlebihan

Diabetes

Studi terhadap hampir 9.000 orang Amerika menunjukkan, orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam memiliki risiko diabetes 50 persen lebih besar ketimbang mereka yang tidur 7 jam setiap malam. Tapi, meningkatnya risiko ini juga terlihat pada orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam. Belum jelas apa kaitan antara tidur panjang dan diabetes, namun para peneliti mengatakan bahwa tidur berlebihan bisa menjadi pertanda masalah medis yang mendasar, yang meningkatkan kemungkinan diabetes.

Kelelahan dan Obesitas

Karena semakin lama tidur suhu tubuh menjadi semakin rendah, yang akhirnya menyebabkan kelelahan ekstrim dan kelesuan ketika bangun.

Tidur berlebihan juga akan membuat Anda berisiko terkena obesitas karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari tidur untuk mulai membakar kalori secara normal.

Merusak otak

Penelitian di Universitas London pada tahun 2011 menunjukkan terlalu banyak tidur maupun sebaliknya,dapat mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak 7 tahun lebih cepat. Biasanya, hal ini sangat berisiko pada pelajar dan mahasiswa. 

Selain itu, pada wanita berusia 45 tahun ke atas (klimakterium) yang tidur lebih dari 9 jam perhari berisiko mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Penuaan otak mengakibatkan menurunnya kemampuan otak untuk mempelajari hal-hal baru dan sulit menerima informasi.

Menjadi Pemicu Sakit punggung kronis

Pada saat tidur, tubuh akan bertumpu pada bagian punggung sehingga, struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tubuh. Juga karena pada saat tidur kita kurang bergerak, hal ini juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

Memengaruhi kesuburan

Kebanyakan tidur dapat memengaruhi siklus menstruasi, pengeluaran hormon, dan ritme sikardian. Wanita yang kurang tidur atau tidur melebihi batas normal berisiko mempengaruhi kesuburan sel telur.

Menurunnya Keinginan untuk bersosialisasi

Semakin banyak tidur, maka waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan juga akan berkurang. Secara tidak langsung akan mengurangi minat Anda untuk berbaur dengan lingkungan sekitar.


Jadi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, maka hindarilah perbuatan yang berlebihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kelebihan Tidur Dapat Merusak Tubuh"

Post a Comment